Thursday, June 30, 2011

Baterai Laptop


Berbicara masalah laptop dan desktop, keduanya membutuhkan listrik untuk beroperasi tetapi jika diperlukan laptop dapat dijalankan hanya dengan baterai. Baterai laptop sangat penting karena laptop adalah sebuah perangkat portabel. Desktop juga membutuhkan baterai kecil untuk menjalankan hal-hal seperti real-time clock atau RAM CMOS.

Pengertian Baterai Laptop
Seperti kita ketahui bahwa baterai adalah sumber energi listrik. Baterai tersebut akan memasok daya yang diperlukan oleh laptop. Baterai laptop sangat portabel dan dapat bertahan dalam kondisi pemakaian ekstrim. Ada kombinasi antara sel-sel electrochemicall yang aktif memancarkan partikel yang disebut elektron; dari satu kutub pada baterai ke kutub lain yang terhubung ke dalam sebuah sirkuit. Komponen primer baterai laptop hanya dapat digunakan sekali saja dan komponen sekunder baterai laptop adalah yang dapat di-recharged dan dapat digunakan lebih dari satu kali.

Jenis Baterai Laptop

Nikel-Kadmium (NiCad): baterai ini adalah jenis yang pertama kali diaplikasikan dalam laptop dan beberapa laptop yang tergolong tua masih menggunakan jenis baterai ini. Setiap pengisian ulang baterai laptop dapat bertahan rata-rata untuk kira-kira dua jam dan akan semakin berkurang seiring dengan pemakaian. Untuk menambah usia pakai sebuah baterai laptop disarankan melakukan discharge baterai sebelum melakukan recharge. Baterai jenis ini dapat meledak apabila ditinggalkan dalam kondisi terhubung charger dalam waktu yang lama sehingga melebihi kapasitas yang dapat ditampung oleh baterai.


Nikel-Metal Hydride (Nimh): baterai jenis ini lebih baik apabila dibandingkan dengan baterai NiCad tetapi tidak se-efisien yang seperti yang diharapkan. Meskipun, jenis ini dapat bertahan lebih lama daripada pendahulunya tetapi masih dianggap kurang.. Baterai jenis ini juga masih mengalami “memori efek”.


Lithium Ion (Li-Ion) : Baterai Li-Ion adalah jenis baterai Laptop yang terbaru. Baterai jenis Li-Ion sejauh ini dianggap yang paling efektif baterai laptop. Dengan pertimbangan bahwa baterai jenis ini bebas dari “memori efek”, usia pemakaian lebih panjang dan tidak menimbulkan panas yang berlebihan saat overcharged. Baterai jenis ini paling cocok untuk desain laptop yang ultra tipis karena baterai jenis ini lebih tipis dari jenis baterai yang ada. Baterai jenis ini dapat di-recharge hingga lebih dari 1200 kali.
Usia pakai baterai tergantung pada bagaimana laptop tersebut digunakan. Perlu diingat bahwa hal-hal seperti layar LCD, hard disk, drive lain dan bahkan koneksi internet nirkabel juga mengambil daya dari baterai.

Bila Anda berencana untuk membeli baterai laptop Anda dapat melakukan pencarian online yang terbaik. Anda dapat menemukan baterai laptop murah secara online bila dibandingkan jika membeli dari sebuah toko.


Sumber: http://pernikkomputer.blogspot.com/2009/07/baterai-laptop.html

No comments:

Post a Comment