Thursday, June 30, 2011

4 Alasan Memilih Komputer Desktop



Komputer jenis desktop adalah sebuah komputer yang berukuran besar dan berat yang memenuhi meja. Sementara Laptop disisi lain adalah sebuah kotak kecil yang bisa dibawa kemanapun anda pergi. Beberapa orang lebih menyukai untuk menggunakan Desktop dan beberapa orang lainnya lebih senang menggunakan komputer jenis laptop. Berikut beberapa alasan mengapa komputer Desktop lebih baik daripada jenis komputer laptop.

* Biaya
Komputer desktop reguler tidak membutuhkan komponen dengan desain spesial yang kecil agar dapat muat pada desain body laptop yang relatif lebih kecil. Itulah sebabnya Desktop lebih murah dibandingkan dengan laptop yang memiliki kemampuan yang sama. Bila anda mempunyai anggaran yang terbatas maka komputer desktop menjadi solusi yang sangat tepat.


* Kekuatan dan Kemampuan Upgrade
Banyak laptop yang mempunyai komponen built-in yang tidak dapat diganti dengan komponen yang lebih baru dan cepat dengan desain yang berbeda. Apabila ada komponen laptop yang rusak, maka komponen tersebut hanya bisa diganti dengan komponen yang sama jenisnya, hal tersebut tidak berlaku pada komputer desktop yang memberikan keleluasaan untuk melakukan modifikasi atau upgrade. Tergantung ukuran dari casing komputer desktop, anda bisa bereksperimen dengan bermacam motherboard, prosesor, video cards, hard disk drives, dan hardware komputer lainnya. Dilengkapi dengan komponen komputer yang lebih variatif, komputer desktop lebih mampu menjalankan bermacam aplikasi dibandingkan dengan laptop. Bila anda mencari sebuah perangkat kerja yang yang bagus yang mampu menjalankan game 3D terbaru dengan optimal maka komputer desktop menjadi sebuah pilihan yang tepat.

* Ketahanan
Karena komputer jenis laptop sering dibawa bepergian maka laptop lebih banyak mengalami penderitaan daripada komputer desktop. Komponen laptop seperti engsel pada layar monitor dan kabel power seringkali mudah rusak karena pemakaian yang terlalu sering. Cairan yang tumpah pada keyboard laptop, dimana hal ini sangat jarang terjadi pada komputer desktop dapat menimbulkan kerusakan yang serius pada laptop.
Laptop juga lebih cenderung mengalami panas berlebih (overheat) dibandingkan dengan desktop karena ukuran laptop yang kecil mempersulit sirkulasi udara yang mendinginkan komponen. Debu yang tersaring dari luar bisa menyumbat sistem pendinginan pada laptop sementara komputer desktop mempunyai ruang yang lebih lebar bagi komponen sehingga lebih memudahkan sirkulasi udara yang secara otomatis memberikan sistem pendinginan yang lebih baik.

* Baterai
Komputer desktop terhubung secara langsung ke sumber tegangan listrik jadi anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Apabila anda menggunakan laptop maka baterai laptop tersebut hanya mampu menjalankan kompuetr beberapa jam dan anda harus selalu melihat alarm pada layar saat baterai laptop mulai habis.

Kesimpulannya adalah apabila anda mempunyai anggaran terbatas anda bisa memilih sebuah komputer desktop, yang bukan hanya lebih murah namun juga menawarkan kemampuan yang lebih prima dibandingkan dengan komputer laptop.


Sumber: http://pernikkomputer.blogspot.com/2009/07/4-alasan-memilih-desktop.html

No comments:

Post a Comment